Nasi Lengko, jeh!!

12 Aug 2013

c729bc51f3808833a4e59bbf4f69bf88_nasi-lengko-1Cuti lebaran usai sudah. Setelah berkumpul, bersalam-salaman, silaturrahim dengan kerabat dan teman-teman di kampung, serta sempat berwisata ke Situ Lengkong di Panjalu Ciamis, saya pun harus segera kembali ke Jakarta. Di kampung, rasa kangen menyantap beberapa kuliner khas Cirebon terbayar lunas! Yup. Kapan lagi saya berwisata kuliner kalau bukan saat lebaran? Sayur cabe ala Mak Encas, Sega jamblang Bu Nur, dan tahu gejrot sudah saya lahap habis.

Tapi, sayangnya ada satu menu yang tidak saya temukan, yaitu Nasi Lengko. Sejak ibu meninggal pada 2004 silam, saya memang tak lagi menyantap nasi lengko saat pulang ke kampung. Kadang, sekadar untuk membunuh rasa kangen menyantap Nasi Lengko, saya meminta istri untuk membuatkannya. Mumpung lagi “ngidam” Nasi Lengko, berikut saya bocorkan resep membuat Nasi Lengko:

Bahan:
1 piring nasi putih
1 buah timun, iris kecil-kecil
tahu goreng iris bentuk kotak
tempe goreng iris bentuk kotak
toge
kucai, iris-iris
5 cabai rawit (sesuai selera)
kecap manis
bawang goreng

Bahan Sambal
100 gram kacang tanah (digoreng)
12 buah cabai rawit
2 siung bawang putih, (digoreng)
2 buah cabai merah
1 sendok teh garam
4 buah bawang merah, (digoreng)
100 ml air matang

Cara membuat:
(1) Sambal: Goreng semua sambal hingga matang, kecuali air. Angkat, haluskan. Campur sambal halus dengan air matang, aduk sampai rata. Sisihkan.
(2) Ambil satu piring nasi hangat, taburi tempe dan tahu, tambahkan taoge, kucai, dan bawang goreng, siram atasnya dengan sambal dan kecap manis.
(3) Sajikan Nasi Lengko dengan kerupuk udang serta sate ayam/kambing.

Gampang, kan? Ayooo buat indah hidup ini dengan makan Nasi Lengko, wkwkwk…. :D


TAGS Kuliner


-

Author

Follow Me